INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.56586/ec.v1i2.9Keywords:
Smartphone, Perkembangan Anak, Intensitas Penggunaan Smartphone, Anak Pra SekolahAbstract
Smartphone membuat anak semakin mudah untuk mendapatkan akses media informasi dan teknologi, sehingga banyak anak menjadi malas bergerak dan beraktifitas. Anak-anak akan lebih memilih untuk duduk dan menikmati dunia yang ada pada smartphone tersebut. Keadaan seperti itu tentu dapat berpengaruh terhadap perkembangan anak, baik itu segi fisik, motorik, psikologis, sosial dan emosional anak. Peningkatan pertumbuhan anak di Indonesia pada tahun 2018 sebanyak 79,5 juta orang atau sekitar 30,1 persen dari total penduduk Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intensitas penggunaan smartphone dengan aspek perkembangan anak usia pra sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 60 siswa TK A dan B. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Hasil pada kuesioner penggunaan smartphone dengan kategori tinggi sebanyak 6 anak (10%), sedangkan kategori sedang sebanyak 31 anak (51,7%) dan dengan kategori rendah sebanyak 23 anak (38,3%). Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji statistik spearman rank di dapatkan ρ-value = 0,01 < α 0,05 dengan nilai r hitung = 0,804 yang artinya H1 diterima berarti terdapat hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan aspek perkembangan pada anak pra sekolah di Kota Madiun. Penggunaan smartphone perlu dibatasi apabila diberikan pada anak pra-sekolah. Peran orang tua di rumah perlu dimaksimalkan untuk menghindari dampak dan resiko yang tidak diinginkan dari penggunaan smartphone
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0